In Tugas Multimedia

SEKOLAH



Sekolah


Sekolah .....definisi sekolah menurut wikipedia adalah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Tapi menurut aku sekolah itu tempat dimana kita belajar untuk hidup. Secara gampangnya sekolah adalah tempat untuk mencari ilmu yang paling utama. Semua orang tahu kalau sekolah itu penting. Tapi kenapa sekarang banyak anak yang malas untuk sekolah ? Kenapa banyak anak yang lebih memilih kerja daripada sekolah padahal orang tuanya masih sanggup untuk biayain ?

**

Sebenarnya alasan aku membicarakan topik ini berawal dari keresahan atau kebingungan aku ,karena banyak orang di sekitar aku yang sekolahnya berhenti di jalan, bukan masalah biaya tapi masalah pada pribadi mereka, lebih ke psikologi mereka yang bisa dikatakan terganggu. Usia mereka masih pada usia sekolah, tapi kenapa mereka ingin bekerja dan meninggalkan sekolah ? apa mereka dewasa lebih awal ? atau kenapa ya ? aku masih belum bisa temukan jawabannya. Kebanyakan orang  di sekitar ku yang putus sekolah itu mereka memilih bekerja padahal kedua orang tuanya juga cukup untuk membiayai mereka sekolah, dan salah satunya malah ada yang menurut aku termasuk dalam kategori menengah ke atas tapi anaknya tidak mau sekolah dan memilih bekerja sebagai buruh. Menurut aku itu aneh banget...........

**

Zaman sekarang di kota ku tidak bisa sekolah gara gara biaya seharusnya itu sudah tidak ada , sekarang udah ada BOS ,beasiswa juga sudah banyak banget. Dan khususnya di sekolah ku jika ada siswa yang belum bisa bayar spp atau buku juga masih bisa ikut ujian dengan syarat orang tuanya datang ke sekolah untuk meminta keringanan dan pasti sekolah memberi keringanan. Dan aku nyakin sekolah lainnya juga seperti itu kok. Tapi masih ada teman-teman aku yang drop out secara tiba-tiba dan alasannya tidak jelas. Sudah dibujuk sama guru dan banyak teman untuk balik sekolah tapi hasilnya nihil tetap aja nggak mau. Sedih sih ceritanya kenapa bisa terjadi ? kita sebagai teman nggak bisa ngelakuin apa apa. Dia bilang masalahnya adalah biaya tapi menurut aku itu Cuma alasan klasik yang dia pakai ,kenapa aku bilang seperti itu karena kakak dia sudah bilang sama wali kelas kalau kakaknya mau back up semua biaya sekolahnya asalkan dia beneran mau serius sekolah. Tapi nyatanya dia nggak mau sekolah, berarti kandia nggak mau sekolah karena dia yang tidak mau bukan karena biaya. Sekolah dan kerja itu sudah jelas banget lebih enak sekolah ,kebanyakan orang yang sudah kerja itu bilang kalau masa masa paling indah itu masa sekolah, dan menurut aku itu juga bener, aku mau cerita sedikit saat aku PRAKERIN (praktek kerja industri) aku prakerin di tempat digital printing disana anak prakerin juga diperlakukan sama dengan karyawan biasa jadi kita ngerjain apa aja dari yang sesuai dengan keahlian sampai di luar keahlian, jam kerjanya dari jam 08.00 sampai jam 15.00 sebenarnya pekerjaannya tidak berat berat banget ,tapi setelah sampai di rumah itu badan rasanya capek banget mau beres beres rumah itu rasanya malas setelah isya’ juga ngantuk dan malas buka buku. Tapi kalau sekolah walupun pulang sampai jam 16.00 mau beres beres rumah juga masih bisa lah walaupun Cuma nyapu aja, malamnya juga pasti belajar karena besoknya sekolah. Kesimpulanya kerja itu capek walaupun sekolah juga sama sama capek tapi rasanya itu beda.

**

Menurut aku juga sekolah sekarang itu sudah lebih mudah daripada sekolah zaman dahulu dari cerita ibu aku ,guru aku kalau dulu sekolah ketika muridnya tidak bisa atau membandel itu kadang di  jewer atau semacamnya ,tapi orang tua murid dulu juga tidak marah ataupun nyalahin gurunya tapi malah nyalahin anaknya karena nggak belajar ,memang sistem pendidikan zaman dahulu itu ada baiknya dan ada buruknya. Tapi kalau sistem dahulu diterapin zaman sekarang menurut aku nggak cocok karena sekarang ada HAM. Dan sekarang UN juga tidak menentukan kelulusan. Intinya lebih mudah daripada zaman dahulu.

**

Selain karena alasan biaya banyak dari orang di sekitar aku berhenti sekolah untuk NIKAH ,iya nikah. Bukanya aku mau menghakimi atau ngejudge mereka buruk ? nggak ,maksud aku nggak gitu, nikah itu memang sunnah rosul dan pastinya orang yang ngejalanin sunnah rosul itu termasuk dalam orang orang yang baik. Tapi masalahnya itu mereka nikah di bawah umur ,rata rata umur 15-19 tahun, mereka nikah bukan karena di jodohin ataupun masalah klasik zaman dulu tapi mereka nikah memang kehendak mereka. Menurut aku kebanyakan mereka nikah Cuma gara gara keinginan sesaat yang tanpa mereka pikir panjang. Fakta mengatakan dalam segi kesehatan khususnya seorang wanita disarankan untuk menikah di atas umur 20 tahun alasanya karena di masa itu rahim sudah siap untuk menerima adanya kehidupan, jika seorang wanita melahirkan di usia di bawah 20 tahun kemungkinan besar melahirkan secara tidak normal dan beresiko membahayakan sang ibu dan anaknya. Selain masalah  kesehatan menurut aku mental mereka juga belum siap ,di usia remaja psikologi seseorang masih dalam kategori labil. Dan rata rata mereka itu berpendidikan bisa dibilang rendah mereka Cuma punya ijazah SMP ataupun malah SD ,menurut aku juga hidup mereka terlalu singkat bukan dalam kuantitasnya tapi dalam kualitasnya, mereka melewati masa masa muda ,masa berkarya, masa menjelajah dunia, masa sehat, masa produktif, aku lihat rata rata mereka hidup tidak pada usianya yang seharusnya mereka jalani, masalahnya gimana mereka mau berkarya mereka aja Cuma lulusan SMP mereka setelah menikah tidak pernah mencari wawasan , dulu mereka sekolah juga biasa biasa aja jadi ilmu yang mereka dapat juga biasa biasa aja, jadi nggak ada yang dihasilin. Apalagi mejadi istri rata rata mereka Cuma kerja dan mengurus rumah, sudah Cuma gitu doang. Seharusnya seorang ibu itu harus cerdas ,kenapa harus cerdas karena guru aku pernah bilang kalau ibu itu madrasah (sekolah) pertama untuk anaknya setelah itu baru TK dan seterusnya, gimana mau ngajarin anaknya kalau ibunya aja nggak punya ilmu yang banyak? Gimana anaknya mau sekolah kalu ibunya dulu nggak mau sekolah? Terus kalau udah gitu mau ngapain? Semua sudah terlambat.

**

Ya walaupun menjadi sukses itu tidak harus dengan sekolah ,tapi rata rata orang sukses itu karena sekolah.
Jadi nggak ada lagi alasan buat nggak mau sekolah. Sekolah itu penting, ya walaupun kadang ada malesnya . Semoga angka putus sekolah di indonesia berkurang dan para remaja sekarang menjadi sadar bahwa sekolah itu bermanfaat untuk diri sendiri.



Related Articles

Powered by Blogger.

Home Ads

Advertisement

Popular Posts