In Tugas Multimedia

GAMBAR 3 DIMENSI dan MANFAAT 3D STUDIO MAX

DEFINISI GAMBAR 3 DIMENSI dan MANFAAT 3D STUDIO MAX

    Gambar 3 dimensi juga disebut Gambar Ruang  adalah bentuk dari gambar benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi .Gambar 3D juga berrati sebagai paramater /pengukuran yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sifat sifat suatu objek ,yaitu panjang ,lebar,tinggi atau ukuiran dan bentuk .

Grafik komputer terbagi menjadi beberapa bagian ,yaitu:
a)      Geometri
Mempelajari cara menggambar permukaan bidang.
b)      Animasi
Mempelajari cara menggambar dan manipulasi gambar.
c)      Rendering
Mempelajari aligoritma untuk menampilkan efek cahaya.
d)     Citra (imaging)
Mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Salah satu contoh dari grafik 3D adalah Animasi ,animasi adalah rangkaian gambar diam secara in between dengan jumlah yang banyak lalu diproyeksikan menjadi bergerak.
Proses animasi 3D terbagi menjadi 4:
a.       Modelling
Pembuatan objek objek yang dibutuhkan dalam animasi,adabeberapa materi objek yang disesuaikan dengan kebutuhanya yaitu polygon, Spline,metaclay.
b.      Animating
Pembuatan in between untuk animasi yang tradisional,sedangkan untuk animasi komputer tidak membutuhkan animator untuk melakukan in between karena terjadi secara otomatis.
c.       Texturing
Proses men-create berbagai variasi warna pattern dan tingkat kehalusan/kekerasan sebuah lapisan objek secar lebih detail.
d.      Rendering
Proses akhir dari animasi komputer .Resolusi sebuah rendering dalam standar PAL system adalah 720 x 576 pixels.istilah istilah dalam renderingyang seringdigunakan adalah Field rendering (digunakan untuk mengurangi strobing effect), Shader (digunakan untuk memenuhi kenutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmospherefog,dsb), Antialising (metode menghaluskan dan mempertajam permukaan kasar atau jagged edges dari sebuah objek).


2.      MEMBUAT GAMBAR 3 DIMENSI dengan 3D STUDIO MAX
1)      Tata letak interface dalam 3D Studio Max
Keterangan :
a.       Menu Bar
b.      Window/Crossing Selection Toggle
c.       Snap Tools
d.      Command Panels
e.       Object Categories
f.       Rollout
g.      Active Viewport
h.      Viewport Navigation Controls
i.        Animation Playback Controls
j.        Animation Keying Controls
k.      Absolute / Relative Coordinate Toggle and Coordinate Display
l.        Prompt line and Status bar
m.    MAXscript mini-listener
n.      Track bar
o.      Time slider
p.      Main toolbar
2)      Mengatur sudut pandang pada viewport
Suatu objek 3D dalam pandangan ortografis dapat dilakukan dengan 6 sudut pandang yaitu melihat objek melalui sudut pandang dari tampak  Depan, Belakang, Kiri, Kanan, atas, dan bawah. Cara mengganti sudut pandang pada suatu viewportn, cukup dengan cara mengarahkan kursor ke sudut kiri atas, lalu klik mouse tombol kanan .maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
3)      Mengubah sudut pandang dengan keybord
Dibawah ini beberapa Shortcut melalui keybord untuk mengubah sudut pandang dalam viewport :
a.       C (camera) :  Untuk sudut pandang dari kamera
b.      P (perspective) : Untuk sudut pandang dari mata (3 dimention)
c.       F (Front) : Untuk sudut pandang dari depan
d.      K (Back) : Untuk sudut pandang dari belakang
e.       T (Top) : Untuk sudut pandang dari atas.
f.       B (Bottom): Untuk sudut pandang dari bawah.
g.      L (Left) : Untuk sudut pandang dari kiri
h.      R (Right) : Untuk sudut pandang dari kanan
4)      Mengubah tampilan layout viewport
Viewport memiliki 14 macam layout, Cara mengubah tampilan layout viewport :
a.       Klik Customize pada Menu Bar
b.      Pilih Viewport Configuration
c.       Klikl Layout
d.      Memilih salah satu dari 14 macam layout lalu tekan OK



5)      Membuat objek baru dan Keluar dari progam 3D MAX
Cara membuat objek baru dapat langsung dengan memilih menu pada tombol –tombol yang di sediakan dan pengaturan ukuran ,posisi dan bentuk objek dapat diatur dengan fasilitas menu modify.sedangkan cara keluar dari 3D MAX dapat dilakukan dengan cara car berikut :
·         Klik file pada menu bar ,akan tampil submenu file.
·         Klik exit
·         Ahortcut key Alt + F4
6)      Main Toolbar
Berikt ini adlah tampilan Toolbar yang terletak di bawah menu bar :
a.       UNDO : Untukkembali ke perintah sebelumnya.
b.      REDO : Kebalikan dari redo.
c.       LINK :Untuk menghubungkan satu objek dengan objek lain.
d.      UNLINK : Melepas hubungan antara 2 objek yang berhubungan.
e.       BIND to SPACE WARP : Menghubungkan objek dengan fasilitas pembentukan efek gunanya untuk menghasilkan animasi spesial efek.
f.       SELLECT OBJECT : Untuk memilih / mengaktifkan objek pada viewport .
g.      SELLECT by NAME : Untuk menampilkan window select objek yang berisi data teks dari nama nama objek yang ada pada viewport.
7)      Memilih objek secara Manual dan pemilihan objek dengan transformasi
a.       Cara Manual
Pilih salah satu objek yang dikehendaki lalu tekan dan tahan tombol Ctrl selanjutnya klik lagi viewport objek yang ingin dipilih, sedangkan untuk mengurangi objek dengan tombol Alt.
b.      Pemilihan objek dan Transformasi objek
Berikut ini tombol tombol untuk memilih objek dan sekaligus untuk proses transformasi :
·         Select and Move : Memilih objek dan memindahkan objek.
·         Select and Rotate : Memilih objek dan memutar objek.
·         Select and Unifrom Scale : Memilih objek dan mengubah besaran objek
·         NonUniform Scale : Memilih objek  dan mengubah besaran objek
·         Sellect and Squash : Memilih objek dan mengubah besaran objek.
·         Use Center Flyout : berhubungan dengan sistem koordinat yang akan mempengaruhi proses trasformasi pada suatu objek.
·         Use Pivot Point Center : Mentranformasikan setiap objek berdasarkan pada setiap individual objek pivot point.
Di 3D Studio Max terdapat fasilatas clone yang digunakan untuk menduplikasi sebuah objek menjadi 2 ,untuk memamnggil perintah ini dengan cara tekan Edit -> menu bar -> clone (Ctrl + v)

·         Kotak dioalog Clone option
o   Copy : Objek yang dihasilkan merupakan objek terpisah yang saling berdiri sendiri tidak saling berhubungan .
o   Instance : Objek yang dihasilkan memiliki hubungan timbal balik .artinya jika salah atu objek di rubah maka perubahan itu juga akan terjadi pada objek yang lain
o   Reference : Objek yang dihasilkan masih memiliki hubungan tetapi tidak memiliki hubungan timbal balik.
·         Dublikasi dan Transformasi
Cara untuk meduplikasi dan transformasi dengan menekan tombol Shift .
·         Array : digunakan untuk memperbanyak objek dalam lebih dari satu .
A.    Array 1D (penggandakan 1 arah)
1.        Buatlah sbuah object
2.        Klik sellect object
3.        Klik menu tools lalu pilih array
4.        Isi kotak totals
5.        Pilih 1D dengan Count 6 lalu pilih lah salah satu metode penggandaan  pada objek
B.     Array 2D (Penggandaan 2 sumbu )
1.      Buatlah sebuah objek Teapot pada top viewport
2.      Klik select object lalu pilih object Teapot
3.      Klik menu Tools lalu pilih Array
4.      Stelah itu akan muncul kotak dialog
5.      Isilah kotak X pada baris move dengan nilai 60
6.      Klik tombol 2D pada Array Dimension ,lalu ubah nilai count 1D = 3
Dan 2D = 3
7.      Isilah kotak Y = 60 (incremental Row Offsets)
8.      Klik ok
C.     Array 3D (Penggandaan 3 sumbu)
1.    Buatlah sebuah objek Torus pada TopViewport
2.    Klik sellect lalu objek Torus
3.    Klik menu Tools lau pilih Array
4.    Isilah nilai x = 100 pada baris Move
5.    Klik tombol 3D pada Array Dimension ,lalu ubah nilai count 1D,2D,3D = 3
6.    Isilah nilai Y = 100(baris 3D), Z = 100(3D)
7.    Klik ok
·           Modifier objek
a.       Blend digunakan untuk Membengkokkan objek 3 dimensi.
b.      Twist digunakan untuk memuntir objek 3 dimensi .
c.       Extrude (hanya berlaku untuk 2D) digunakn untuk membuat ketebalan .
·           Pembuatan Gambar 3 dimensi dengan 3D studio MAX
1.    Standard Primitive
yang termasuk dalam kategori standard Primitive yaitu Box ,Sphere ,Torus, Cylinder, Teapot,cone,Geosphere,Tube,Pyramid dan Palne.
a.       Box(Kubus / Kotak)
Parameter pembentukan yaitu Length,Width,Height, Length Segs, Width Segs,Height segs .
b.      Sphere (bola)
Parameter pembentukan yaitu Radius,Segments,Smoots,Hemispere.
c.       Cylinder (tabung tertutup)
Parameter pembentukan yaitu Radius, Height, Heigth seg, Cap seg ,sides, smooth.
d.      Tube (Tabung tertutup)
Parameter pembentukan yaitu Radius 1,Radius 2,Heigth,Sides,Cap segs,Smooth.
e.       Cone
Parameter pembentukan yaitu Radius 1,Radius 2,Heigth,Cap Height,sides.
f.       Torus (roda /kue donat)
Parameter pembentukan yaitu Radius 1, Radius 2, Rotation, Twist, Segments, Sides.
g.      Pyramid
Parameter pembentukan yaitu Width, Depth,Heigth ,Width segs.
h.      Teapot (teko)
Parameter pembentukan yaitu Radius,Segments.
i.        Plane (datar)
Parameter pembentukan yaitu Length, Width ,Length segs ,Width segs.
2.    Extended Primitives
Yang termasuk dalam kategori extanded adalah Hendra, Chamferbox, Olitank, Spindle, Gengon, Toeusknot, Chamfercyl, Capsule, L-Ext, C-Ext.
a.       Hendra
Parameter pembentukan yaitu Tetra, Cube, Dodec, Star1, Star 2.
b.      Torus knot
Parameter pembentukan yaitu Radius, Segments, P, Q, sides, Eccentricity, Twist, lumps, lumps height, lumps offset.
c.       Chamfer Box
Parameter pembentukan yaitu length , Width, Heigth, Fillet, Leght segs, Width segs, Height segs.
d.      Chamfer Cyl
Parameter pembentukan yaitu Radius, Heigth, Fillet, sides.
e.       Olitank
Parameter pembentukan yaitu Radius, Heigth, Blend, sides,Cap Heigth.
f.       Spindle
Parameter pembentukan yaitu Radius, Heigth, sides.
g.      Gengon
Parameter pembentukan yaitu Radius, Heigth, Fillet, sides.

h.      Prism
Parameter pembentukan yaitu side1 Leght , side2 Leght, side3 Leght, Heigth.
i.        L-Ext
Parameter pembentukan yaitu side Leght, Front Leght, side Width, Front Width, Heigth.
j.        C-Ext
Parameter pembentukan yaitu Back Leght , side Leght, Front Leght, Back width , side width, Front width,Heigth.
·         Manfaat dari 3D
3D dapat digunakan dalam berbagai design antara lain :
1)      Architecture design
Anda akan dapat memberikan texture maupun lighting seperti kondisi asli kelak bangunan tersebut terbangun.


2)      Interior design
Dengan 3D setiap ruangan dapan di visualkan mendekati ruang sebenarnya ,anda juga dapat menat furniture elemen dekoratif lainya.

3)      Landscape design
3D akan mampu memvisualkan secara jelas dan detail seperti penataan kontur tanah vegetasi,perkeran gazebo dll dengan mudah .

4)      Cartoon design
3D saat ini sudah semakin memudahkan para desainer dan animator bahkan untuk pemula karena terdapat fitur fitur penunjang dalam pembuatan kartun.

5)      Logo design
Logo saat ini banyak yang menampilkan bentuk real 3D sehingga terlihat lebih menarik,hidup.

6)      Stage design
Visualisasi 3D menjadi sangat penting untuk menampilkan output design stage agar dapat bagus dan menarik sehingga akan menunjang suksenya sebuah event.

7)      Product design
Produk industri ,maina, komputer / IT, alat komunikasi dsb telah menjadikan 3D sebagai standar dalam memvisualkan desain terbaru dari produk yang akan dirilis untuk menghemat biaya anggaran,waktu dan tenaga industri.

8)      Stand design
3D dibutuhkan dalam memvisualkan bentukdan design stan yang menarik dan tampil bagus nantinya.

9)      Game design
3D untuk memikat hati konsumen agar gamers mendapatkan sensasi berbeda ketika memainkanya

10)  Furniture design
3D digunakan untuk mendesain perabot agar menjadi nyata sebelum di buat secara nyata .







Related Articles

Powered by Blogger.

Home Ads

Advertisement

Popular Posts