In Tugas Multimedia

3 ds Max


1.      Penerapan modifer edit mesh digunakan untuk mengubah objek bentuk 3D.ada fasilitas vertex,edge,face,polygon.
-          Fungsi elemen vertex : create ,Delete, Collapse, Detach, Hide.
-          Fungsi elemen Face : Selection, Extrude, Explode, Make planer, build face, Detach delete, Material ID.
-          Fungsi elemen Edge: Extrude, Divide, Turn, Delete , Collapse.
2.      Membuat garissecar default shape tidak kelihatan saat di render ,untuk mengaktifkan pilih stack rendering pada parameter shape.
3.      Membuat bidang
-          Membuat sphere  :
a.    Buka 3DS MAX dan buatlah sphere
b.   Tekan M (klik tombol di debelah diffuse color > bitmap>file bitmap.
c.    Masukan material ke sphere dgn cara men drag / klik tombol assign materila to selection.lalu tekan F9 untuk melihat hasilnya.
-          Membuat meja
1.   Buka 3DS MAX klik box di object type
2.   Gambar sembarang ukuran di viewport top
3.   Atur ukuran box dgn klik gambar lalu klik modify,isi jendela parameter W:2500mm, L:1200mm,H:30mm,LS: 3 ,WS: 3,HS:1
4.   Klik box lalu klik kanan pilih convert to lalu convert to edible poly
5.   Klik window crosing yang berada di barisan toolbar.
6.   Klik box lalu klik tanda (+) di editable poly lalu pilih edge.lalu klik select and move.
7.   Blok garis tegak berada di sebelah kanan ,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform type in bagian offset screen sumbu X di isi 700 mm.
8.   Blok garis tegak berada di sebelah kiri ,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform type in bagian offset screen sumbu X di isi -700 mm.
9.   Blok garis tegak berada di sebelah horizontal atas ,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform type in bagian offset screen sumbu X di isi 270 mm.
10.  Blok garis tegak berada di sebelah horizontal bawah,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform type in bagian offset screen sumbu X di isi -270 mm.
11.  Klik box lalu klik tanda modify di editable poly lalu pilih polygon
12.  Klik kotak kecil  jika ingin mengklik objek lebih dari satu gunakan ctrl
13.  Klik kotak kecil di samping tulisan inset,bevel.jika jendela polygon muncul ,H:60mm,OA: -15mm.bevel type nya pilih by polygon lalu OK.
14.  Klik kotak kecil di samping tulisan extrude (ketebalan),akan muncul jendela extrude  nilai extrude H:650 mm, extrude type nya pilih by polygon lalu OK.
15.  Klik edible poly hingga warna tulisan menjadi abu abu.
16.  Klik objek di bagian viewport FRONT
17.  Klik tools ,lalu klik mirror , akan muncul jendela mirror ,pada bagian mirror axis pilih sumbu Y , pada bagian clone selection pilih no clone,lalu OK

18.  Selesai 

Related Articles

Powered by Blogger.

Home Ads

Advertisement

Popular Posts