1.
Penerapan modifer edit
mesh digunakan untuk mengubah objek bentuk 3D.ada fasilitas
vertex,edge,face,polygon.
-
Fungsi elemen vertex :
create ,Delete, Collapse, Detach, Hide.
-
Fungsi elemen Face :
Selection, Extrude, Explode, Make planer, build face, Detach delete, Material
ID.
-
Fungsi elemen Edge: Extrude,
Divide, Turn, Delete , Collapse.
2.
Membuat garissecar
default shape tidak kelihatan saat di render ,untuk mengaktifkan pilih stack
rendering pada parameter shape.
3.
Membuat bidang
-
Membuat sphere :
a.
Buka 3DS MAX dan
buatlah sphere
b.
Tekan M (klik tombol di
debelah diffuse color > bitmap>file bitmap.
c.
Masukan material ke
sphere dgn cara men drag / klik tombol assign materila to selection.lalu tekan
F9 untuk melihat hasilnya.
-
Membuat meja
1.
Buka 3DS MAX klik box
di object type
2.
Gambar sembarang ukuran
di viewport top
3.
Atur ukuran box dgn
klik gambar lalu klik modify,isi jendela parameter W:2500mm,
L:1200mm,H:30mm,LS: 3 ,WS: 3,HS:1
4.
Klik box lalu klik
kanan pilih convert to lalu convert to edible poly
5.
Klik window crosing
yang berada di barisan toolbar.
6.
Klik box lalu klik
tanda (+) di editable poly lalu pilih edge.lalu klik select and move.
7.
Blok garis tegak berada
di sebelah kanan ,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform type in
bagian offset screen sumbu X di isi 700 mm.
8.
Blok garis tegak berada
di sebelah kiri ,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform type in
bagian offset screen sumbu X di isi -700 mm.
9.
Blok garis tegak berada
di sebelah horizontal atas ,tekan F12 sehingga muncul jendela move transform
type in bagian offset screen sumbu X di isi 270 mm.
10. Blok
garis tegak berada di sebelah horizontal bawah,tekan F12 sehingga muncul
jendela move transform type in bagian offset screen sumbu X di isi -270 mm.
11. Klik
box lalu klik tanda modify di editable poly lalu pilih polygon
12. Klik
kotak kecil jika ingin mengklik objek
lebih dari satu gunakan ctrl
13. Klik
kotak kecil di samping tulisan inset,bevel.jika jendela polygon muncul
,H:60mm,OA: -15mm.bevel type nya pilih by
polygon lalu OK.
14. Klik
kotak kecil di samping tulisan extrude (ketebalan),akan muncul jendela
extrude nilai extrude H:650 mm, extrude type
nya pilih by polygon lalu OK.
15.
Klik edible poly hingga
warna tulisan menjadi abu abu.
16.
Klik objek di bagian
viewport FRONT
17.
Klik tools ,lalu klik
mirror , akan muncul jendela mirror ,pada bagian mirror axis pilih sumbu Y , pada
bagian clone selection pilih no clone,lalu OK
18. Selesai